Dasi : Aksesoris Pria Dan Sejarah Panjangnya

Dasi, aksesori leher yang biasa dipakai oleh para anak-anak sekolah dan pegawai kantoran, atau pekerjaan lain yang mengharuskan berpakaian rapi. Ternyata sejak zaman batu aksesori di leher dan dada sudah ada, khususnya untuk memberi ciri pada kelompok pria dari strata tinggi.
Malah pada Romawi Kuno sudah dipakai kain untuk melindungi leher, khususnya oleh para juru bicara. Pada perkembangannya prajurit militer Romawi pun memakainya. Bukti dipakainya aksesori kain leher tampak pada patung batu di makam kuno, Xian, Tiongkok.
Aksesori leher terkenal yang lain muncul di masa Shakespeare (1564 - 1616), disebut "Ruff". Kerah kaku dari kain putih, bentuknya seperti piringan besar yang melingkari leher. Untuk mempertahankan bentuk, ruff sering dikanji. Lama-lama ruff bertumpuk-tumpuk hingga mencapai ketebalan beberapa sentimeter dan mengakibatkan iritasi.

Akhirnya lahirlah "Cravat" pada masa pemerintahan Louis XIV tahun 1660-an.
Penuturan Francoise Chaile dalam buku La Grande Histoire de la Cravate (Flamarion, Paris, 1994). "... Sekitar tahun 1635, sekitar enam ribu prajurit dan ksatria datang ke Paris, yang disewa oleh Louis XIII dan Richelieu. Pakaian tradisional mereka amat menarik. Sehelai sapu tangan diikatkan di leher dengan cara khusus. Sapu tangan itu terbuat dari berbagai kain, dari yang serupa seragam, katun halus, hingga sutera. Gaya unik ini segera 'menaklukkan Perancis'. Apalagi cara ini lebih praktis ketimbang kerah kaku. Sapu tangan itu cuma diikat, dengan ujung-ujungnya dibiarkan lepas." Sapu tangan yang dimaksud itu disebut Cravat, artinya "penduduk dari Kroasia". Bisa diambil pengertian bahwa cikal bakal penemuan dasi modern berasal dari Kroasia.
Cara mengikat cravat pada zaman dulu berbeda-beda, karena akan membedakan kelas si pemakai cravat itu. Sehingga cravat pada saat itu sangat 'dihargai', jika ada yang berani menyentuh cravat orang lain artinya dia menantang dan terjadi pertengkaran antara satu dengan yang lainnya.
Muncullah takhayul seputar cravat. Kalian tahu Napoleon Bonaparte? Beliau selalu menang perang ketika mengenakan cravat hitam yang dililitkan dua kali mengitari leher. Saat di Waterloo, Napoleon memakai cravat putih dan akhirnya "jatuh".
Cravat mulai menyerupai dasi modern dengan ujung panjang muncul pada tahun 1860-an. Dan pada tahun 1890-an, muncullah dasi kupu-kupu.
Dasi Mampu Gambarkan Karakter Pemakai
Sebagai salah satu fashion thing, dasi sebagai aksesori memang lebih sering dianggap remeh. Namun, pada kenyataannya hal kecil tersebut dapat menjadi nilai yang sangat besar dalam penampilan seorang pria.
Bagi sebagian pria, barangkali dasi hanya dianggap sebagai selembar bahan yang terikat di leher dan menjuntai di bagian dada.Namun,apakah para fashionista pria tahu bagaimana cara memilih warna dasi yang tepat untuk melengkapi penampilan Anda dalam bersosialisasi?
Nah, jika jawabannya tidak,maka berikut akan dipaparkan mengenai efek dari warna dasi yang akan Anda kenakan. Dasi pria memang dapat mengisyaratkan mood yang mengenakannya. Seperti dasi berwarna merah yang dapat diartikan si pemakainya sedang dalam mood menyenangkan. Dasi berwarna biru dapat menunjukkan si pemakai ingin terlihat sebagai sosok yang serius.
Warna merah muda dan hijau serta beberapa warna pastel lainnya kerap dianggap sebagai karakter yang hangat dan bersahabat.Biasanya warna-warna pastel,merah muda,ataupun hijau tersebut sangat cocok dikenakan pada saat musim semi ataupun musim panas di negara-negara yang memiliki empat musim. Untuk menyamakan dasi dengan setelan ataupun atasan yang Anda kenakan, pemilihan warna memang lebih penting dibandingkan memilih pola ataupun bentuk dari dasi itu sendiri.Begitu juga dengan acara yang akan didatangi pada saat Anda mengenakan dasi.
Biasanya,dasi berwarna hitam dan putih menjadi pilihan bagi pria yang ingin mendatangi acara-acara resmi yang sifatnya mewah. Untuk bagian pola dasi itu sendiri, pola garis-garis disebut-sebut sebagai tren fashion saat ini.Dasi berpola garis seperti ini terbilang selalu dapat dikenakan di masa kapanpun.
Beberapa desainer kenamaan menyebutkan, dasi garis-garis dengan warna cerah dapat dikombinasikan dengan gaya apa pun.Akan tetapi, sebaiknya Anda memilih dasi dengan garis-garis diagonal sebagai pelengkap penampilan Anda. Garis diagonal tersebut, meski sangat klasik, tetapi menjadi pilihan yang cocok untuk penampilan Anda saat berbisnis.
Tidak hanya garis-garis,para pria yang ingin mengenakan dasi berpola juga harus memerhatikan ukuran ataupun model pola yang tertuang dalam dasi tersebut.Alasannya, tipe,pola,dan ukuran dasi memang menjadi hal yang penting ketika
Anda memadukan dasi dengan kemeja ataupun acara yang akan Anda datangi. Biasanya,para pria yang ingin tampil lebih elegan dalam pertemuan bisnis akan lebih senang mengenakan dasi berpola dari bahan satin.
Selain itu, dasi dari bahan sutera lembut juga sangat tepat untuk memaksimalkan penampilan bisnis Anda. Nah,dasi yang kurang layak dikenakan pada saat Anda bertemu dengan kolega adalah dasi dengan pola bunga-bunga. Kalaupun terpaksa, sebaiknya Anda memilih dasi dengan motif bunga dalam ukuran kecil dan dengan warna yang tidak terlalu terang.
Salah satu tipe dasi yang terbilang klasik namun tetap cocok dikenakan dalam acara apapun adalah bow tie atau dasi pita berwarna hitam, yang biasanya dipadukan dengan tuksedo. Dasi pita warna hitam memang terbilang serasi dikenakan dengan setelan apa pun. Namun,dasi pita berwarna perak ataupun putih juga dapat dikenakan pada acara siang hari.Sementara dasi pita dalam warna lainnya, sangat pas dikenakan dalam acara-acara, seperti pernikahan.

Tips Memilih Dasi
Sebagai salah satu aksesoris pria, dasi tidak hanya digunakan sebagai pelengkap penampila agar terlihat formal dan elegan.
Tapi dasi juga mampu membuat penampilan seorang pria terkesan dewasa, rapi dan juga menarik.
Karena alasan itulah terkadang memilih dasi untuk pasangan atau teman sebagai hadiah membuat wanita pusing tujuh keliling.
Bagi wanita yang ingin menghadiahkan dasi untuk orang terdekat, mungkin bisa menyimak beberap tips memilih dasi berikut ini :
  • Fungsi utama dasi
    Pikirkan terlebih dahulu apa fungsi utama bagi pria yang akan berikan dasi, apakah hanya sebagai pelengkap penampilan di kantor atau sebagai fungsi lainnya seperti penambha gaya penampilan pada acara formal dan semiformal
  • Motif
    Pilih motif yang paling mendekati dengan hobi atau minat pria tersebut, dan bila ingin memilih motif yang lebih atraktif usahakan motif yang kita pilih tidak terlalu mencolok
·         Gaya berbusana
Apakah pria yang akan kita hadiahi dasi termasuk pria yang fashionable atau lebih suka memakai dasi dengan model yang konservatif.
Bila termasuk pria yang fashionable kita bisa memberikan dasinya yang sedang tren tapi tetap sesuai dengan kepribadiannya.
Pada tahun 2002 penyanyi asal Kanada, Avril Lavigne mempopulerkan pemakaian dasi secara casual bagi para remaja wanita


رباط الرقبة : الاضافي للرجال وسيرته المطلولة
          رباط الرقبة اضافي للرقبة الذي استعمله الطلاب وجماعة المظفين او سائر الأشغال الذي يجب فيه لباس رسمي وإنه في الواقع قد وجد اضافي للرقبة والصدر في القرن الحجري خصوصيا استعملته جماعة الرجال من الطبغة العظيمة علامة فارقة
بل قد استعملت حضارة قديمة الرمانية قماشا في الرقبة سترا ووقاية خصوصيا متكلميهم حتى عسكريتهم استعملون بذلك وظهرت أدلة الاستعمال في الصورة الحجرية في القبر القديمة Xian, Tiongkok.
          والاضافي المعروف مما عدا المذكور قد انبرز في عهد Shakespeare (1564-1616) ويسمى بروف (Ruff) وهي البتنيقة الجاسئ من القماش الأبيض كالميناء الكبير المحيط للرقبة وكثيرا ما ينشّأ لقوة الصدّ ومقاومة الشكل حتى صاريرتكم بعد مدة طويلة الى أن يصل الى عدد السنتيمتر ويسبب التهيج.
       قام كرافات (Cravat) في تولية لوئيس (Louis XIV) سنة الف وستمائة زستين.
          قال فرونجوئيس كائيل (Francoise chaile) في كتابه La Grande Histoire de la Cravate (Flamarion, Paris 1994) جاء الجيوش والنبيلون ستة الاف جيشة ونبيلا الى فرنسا حولي الف وستمائة وخمسة وثلاثين سنة واستأجرهم Louis XIII و Richelieu ولباس تقليدهم جادبة للغاية وتربطوا ورفة المنديل بعنقهم طارقة خاصة وذلك المنديل يصنع من أقمشة ملونة الموحدة في الزاي كقطن لطف حتى الحرير وهذا المنوال الفريل أخضع الفرنسا لان هذا المنوال أسهل من البنيقة الجاسئة عملية وطارقة وذلك المنوال يربط بعنق فقط واطرافه منتشر اي محلول وذالك المنديل المقصود يسمى بكرافات (Cravat) والمعناه أهل كرواسيا والحاصل ان اول الاوائل اقتشاف رباط الرقبة الحديثة من كرواسيا
       قد اختلفت الطريقة لربط Cravat في الزمان القديم لأنه سوف يفرق للابسة حتى اشتهر ويحترم واذا كان احد يتشحع بلمس ذلك بأن يعرض حدثت البارة بينه وبين الأخر.
          قد ظهرت التخيل عن Cravat أعرفتم Napoleon Bonaparte؟ وهو نال الفائز صرارا حينما يلبس الأسود الذي يقبل في عنقه فتلتين و Napoleon يلبس الأبيض ثم يسقط في النهاية في Waterloo.
          Cravat يشابه رباط الرقبة الجديدة في وقت الحاضر بالطرف الطويل في السنة 18601890 وبذالك ظهر رباط الرقبة الفراسية.
       استطاع رباط الرقبة في تصوير خلق الايسين
          ومن اسلوب اللباس رباط الرقبة كثيرما من الناس لايهتمونه والذي حدث في الواقع على ان في تلك المسئلة التي لا ينطرها احد منفعة عظيمة في تقديم الرجال في اللباس
فمن الممكن على ان مافي رأي بعض الشبان بأن رباط الرقبة هو قماش الذي يريط في رقابهم ويتدلدل في صدورهم فقط ولكن مسألة وقعة في الحادقة هل يفرف المهم كيفية اختيار اللون رباط الرقبة الذي يليق لتكميل يقديمكم في اللباس على استراكية؟
       اذ اذا كان جوابها لا فتبين عن مسئلة العاقبة من لون رباط الرقبة التي تستليت رباط الرقبة دل على حسن اللابس كالرباط الرقبة الاحمر التي كانت معنا اللابس هو من الفا رحين وكالرباط الرقبة الاحضر دل على اللابس يريد ان ينظر من مهتمين شديدين الاخر يظن.
            Younger red color and green with several colors others meat, often estimate as like character which warm and be friends usually the color meat is younger red or green is very suitable for using at the spring or summer at nations which have four seasons, to equalize necktie with style and superior you impose. Color election is more important is true compared to choose pattern from necktie. So, also with even to visit at the time of you impose the necktie
          Usually black- colored necktie and white to be choice bright for men who want to visit to the scheduled program. And the pattern of necktie itself pattern lines called as famous fashion it regarded suitable whenever.
          The Famous designers mention the lined necktie with bright color can be combinative whatever style ever but you had batter choose diagonal lined necktie as complement for your style although it was old-fashioned but it suitable for your style when you make business.
          It is not only lines pattern the man who wanted wear a necktie had to attend the size or the pattern of that necktie. Because the type, pattern, and a necktie size are very important thing went you wanted to unify it with shirt or in the meeting that you would present. And usually, a man who wanted to be more elegant in the business meeting would be like wear it with pattern from the satin material.
          Besides of that, a necktie from soft satin material also suitable for maximizing your business meeting. So, there was a necktie that was not suitable for wearing it when you want to meet with your collage, namely is rose necktie motif.
Although, forced, but you had better choose a small rose necktie motif with not so brightening color. 
          The one of type that’s reckoned as classic style and can be used in any programs and agendas necktie (style black ribbon necktie) it is usually mixed with tuxedo that black ribbon necktie mate has any clothes but, we can wear for attending midday agenda a silver tie and also white tie, at the some time the tie with other color, is suitable for attending all of agendas for example wedding, ceremony.
The tips to choice our necktie.
          The tie is one of accessories for wearing man is not only to formal shirt and elegant shirt but it can make the appearance saw adult neat and also interested. 
          Because of that reason occasionally choose necktie for posing or friend as prize make women is dizzy.
          To women who want to donate necktie for men is nearer maybe can listen some tips for choosing necktie this;
          The first necktie function.
          Think! What is the first function for men who want to give necktie is only as complete entertainment in the office or as other function such as increment of style entertainment to agenda formal and informal.
          Motif
          Choose the motif which very near with hobby or interest of male, exertion the motif which will choose not striking if will choose motif which more attractive.
          Fashion style
          Will man who we give prize necktie the included fashionable man or man like wear necktie with model is conservative.
          We can give necktie is being famous but that necktie suitable with their identity if I clouded man which fashionable.
          The singer from Canada on 2002, Avril Lavigne popularized the necktie using casually for younger female. [Wahyoe-Praditya]