مكانة اللغة العربية في مستوى عالم اللغات Kedudukan bahasa Arab pada level bahasa dunia

بقلم : مزمل عمران الأزهري
By. Muzammil Imran  Azhari
اللغة فكر ناطق واللغة هي معجزة الفكر الكبرى.
Bahasa merupakan  suatu exspresi pemikiran dan bahasa adalah  sebuah keajaiban pemikiran yang besar.
إن للغة قيمة جوهرية كبرى في حياة الإنسانية قاطبة  فإنها الأداة التي تحمل الأفكار، وتنقل المفاهيم فتقيم بذلك روابط الاتصال بين أبناء الإنسان في ربوع الأرض ، وبها يتم التقارب والتشابه والانسجام بينهم. إن القوالب اللغوية التي توضع فيها الأفكار، والصور الكلامية التي تصاغ فيها المشاعر والعواطف لا تنفصل مطلقاً عن مضمونها الفكري والعاطفي . إن اللغة هي االثروة الثقافية والتاريخية التي تبني الأمة وتحمي كيانها. وأورد هنا شهادات فحول العلماء غربا وشرقا.
Bahasa mempunyai nilai urgesi\penting yang amat besar dalam kehidupan umat manusia, karena bahasa merupakan alat (Media) untuk menyampaikan  ide, transformasi pemikiran. dengan demikian terjalinlah  komunikasi antara sesama manusia di seluruh negeri (dunia), dengan bahasa pula suatu hubungan, kesamaan, dan keharmonisan dapat terjalin dengan baik di antara mereka. Sesungguhnya Produk bahasa yang menempatkan ide, rumusan- rumusan kata yang terbentuk oleh emosi dan  hal tersebut  tidak dapat dipisahkan dari aspek intelektual dan emosional  Bahasa merupakan  kekayaan budaya dan sejarah, yang membangun bangsa dan melindungi\menjaga  eksistensinya. Saya akan menyampaikan kesaksian  para ilmuwan barat dan  timur.

وقد قال فيلسوف الألماني فيخته  "اللغة تجعل من الأمة الناطقة بها كلاً متراصاً خاضعاً لقوانين " . إنها الرابطة الحقيقية بين عالم الأجسام وعالم الأذهان " .يقول مصطفى صادق الرافعي "  إن اللغة مظهر من مظاهر التاريخ، والتاريخ صفة الأمة. كيفما قلّبت أمر اللغة - من حيث اتصالها بتاريخ الأمة واتصال الأمة بها - وجدتها الصفة الثابتة التي لا تزول إلا بزوال الجنسية وانسلاخ الأمة من تاريخها " . يقول الألماني فريتاغ " اللغة العربية أغنى لغات العالم " ويقول وليم ورك " إن للعربية ليناً ومرونةً يمكنانها من التكيف وفقاً لمقتضيات العصر" ويقول الدكتور عبد الوهاب عزام : (( العربية لغة كاملة محببة عجيبة، تكاد تصور ألفاظها مشاهد الطبيعة، وتمثل كلماتها خطرات النفوس، وتكاد تتجلى معانيها في أجراس الألفاظ، كأنما كلماتها خطوات الضمير ونبضات القلوب ونبرات الحياة . ))
Filosof Jerman yang bernama Vijth (vihath)  mengatakan " bahasa akan menjadikan suatu bangsa menjadi integral dan selalu tunduk terhadap aturan-aturan ( norma) bagi  orang-orang yang menggunakannya (penggunanya)  “ karena bahasa  adalah  Ikatan yang hakiqat  antara dunia empiris (nyata) dan dunia pemiikiran.." Mustafa Sadiq Rafii, mengatakan  "Bahasa merupakan bagian fenomena sejarah,sedangkan sejarah merupakan sifat suatu bangsa.  Ketika Anda membolak-balik  bahasa -. Dari sisi kaitan dengan  sejarah bangsa  serta kaiatan bangsa tersebut dengan bahasa -  Maka anda akan menemukan  (sifat) yang tetap, kecuali bangsa itu  runtuh dan kehilangan sejarah.
Seorang berkebangsaan Jerman bernama  Freytag   mengatakan, "bahasa Arab adalah bahaasa  terkaya dunia," kata William York, "Bahasa  Arab sangat lembut dan fleksibel, memungkinkan untuk beradaptasi dengan semua perkembangan ," Dr. Abdel Wahab Azzam mengatakan : (bahasa Arab itu penuh dengan ke indahan (paripurna indah) dan Mengagumkan , kata-kata nya kata-katanya dapat menggambarkan pemandangan \panorama Alam , tutur katanya dapat meng ekspresikan suara jiwa dan nyaris tidak tercermin artinya dalam bunyi kata-kata, seolah-olah kata-katanya\kalimat-kalimatnya adalah suara  hati nurani serta  nada kehidupan.)
لقد حمل العرب الإسلام إلى العالم منذ فجر تاريخه المجيد ، وحملوا معه لغة القرآن العربية واستعربت شعوب غرب آسيا وشمال إفريقية بالإسلام فتركت لغاتها الأولى وآثرت لغة القرآن، أي أن حبهم للإسلام هو الذي عربهم، فهجروا ديناً إلى دين، وتركوا لغة إلى أخرى . لقد شارك الأعاجم الذين دخلوا الإسلام في عبء شرح قواعد العربية وآدابها للآخرين فكانوا علماء النحو والصرف والبلاغة بفنونها الثلاثة : المعاني ، والبيان ، والبديع . وقد غبر دهر طويل كانت اللغة العربية هي اللغة الحضارية الأولى في العالم . واللغة العربية أقدم اللغات التي ما زالت تتمتع بخصائصها من ألفاظ وتراكيب وصرف ونحو وأدب وخيال، مع الاستطاعة في التعبير عن مدارك العلم المختلفة.
Orang-orang Arab membawa Islam ke dunia sejak awal sejarah, dan bersama Islam mereka  membawa bahasa Quran yang berbahasa Arab serta mereka menginginkan \ berinisiatif menjadikan    bangsa-bangsa  Asia Barat dan Afrika Utara bernuansa Arab dan  Islam dengan harapan bangsa –bangsa tersebut pindah Agama dan meninggalkan bahasa Asalnya dan  memilih bahasa Al-Quran, hal itu merupakan bukti   kecintaan mereka terhadap  Islam.  Ada beberapa orang Ajami (non Arab) yang masuk Islam yang   berpartisipasi dalam menjelaskan Tata bahasa Arab dan sastra kepada orang lain, mereka adalah para ulama’ (sarjana) Tata bahasa (Nahu dan sarraf), dan retorika bahasa ( balaghah )  dengan tiga kajian pokok didalamnya yaitu ilmu ma’ani, ilmu bayan, dan ilmu badi’. Dalam dekade yang cukup panjang   bahasa Arab menjadi  bahasa peradaban pertama  di dunia,  Dan bahasa Arab  adalah bahasa tertua yang masih memiliki karakteristik dan struktur kata, tata bahasa, sastra dan fiksi serta  mampu  mengekspresikan persepsi yang berbeda dari ilmu pengetahuan.

إن الأمة العربية أمة بيان، والعمل فيها مقترن بالتعبير والقول، فللغة في حياتها شأن كبير وقيمة أعظم من قيمتها في حياة أي أمة من الأمم. إن اللغة العربية هي الأداة التي نقلت الثقافة العربية عبر القرون، وعن طريقها وبوساطتها اتصلت الأجيال العربية جيلاً بعد جيل على مدار الساعة ، وهي التي حملت الإسلام وما انبثق عنه من حضارات وثقافات، وبها توحد العرب قديماً وبها يتوحدون اليوم ويؤلفون في هذا العالم رقعة من الأرض تتحدث بلسان واحد وتصوغ أفكارها وقوانينها وعواطفها في لغة واحدة على تنائي الديار واختلاف الأقطار وتعدد الدول. واللغة العربية هي أداة الاتصال ونقطة الالتقاء بين العرب وشعوب كثيرة في هذه الأرض أخذت عن العرب جزءاً كبيراً من ثقافتهم واشتركت معهم - قبل أن تكون ( الأونيسكو ) والمؤسسات الدولية - في الكثير من مفاهيمهم وأفكارهم ومثلهم، وجعلت الكتاب العربي المبين ركناً أساسياً من ثقافتها، وعنصراً جوهرياً في تربيتها الفكرية والخلقية .
Bangsa bangsa Arab adalah bangsa yang menjadi penjelas bahasa yang terfomolasi dalam bentuk ungkapan dan kata-kata,  maka hidupnya suatu  bahasa  merupakan urusan yang besar dan  harga yang sangat mahal  di banding  apapun  dalam kehidupan bangsa manapun . Bahasa Arab adalah alat yang mengutip budaya Arab selama berabad-abad,  melalui hal itulah generasi Arab dari generasi ke generasi mampu berhubungan dalam segala waktu , dan bahasa arab pula yang membawa Islam muncul di bidang peradaban dan budaya, dengan bahasa Arab pula  orang-orang Arab di masa lalu dan sekang  bersatu dan membentuk  sepetak tanah di dunia ini, dengan satu suara, merumuskan ide-ide, hukum-hukum dan emosi dalam satu bahasa  walaupun dengan tempat yang berjauhan , dan  Negara   yang berbeda. Dan bahasa Arab merupakan  alat komunikasi dan titik pertemuan  antara bangsa Arab dengan berbagai bangsa di dunia ini, budaya ber internalisasi dalam Negara-negara  dunia,  dimana mereka mengadopsi sebagian besar budaya Arab. - sebelum (UNESCO) dan lembaga-lembaga internasional - dalam banyak konsep dan ide-ide mereka, dan sebelum menjadikan  buku Arab sebagai unsur -unsur penting dalam pendidikan pemikiran dan etika.
إن الجانب اللغوي جانب أساسي من جوانب حياتنا، واللغة مقوم من أهم مقومات حياتنا وكياننا، وهي الحاملة لثقافتنا ورسالتنا والرابط الموحد بيننا والمكون لبنية تفكيرنا، والصلة بين أجيالنا، والصلة كذلك بيننا وبين كثير من الأمم . إن اللغة من أفضل السبل لمعرفة شخصية أمتنا وخصائصها، وهي الأداة التي سجلت منذ أبعد العهود أفكارنا وأحاسيسنا. وهي البيئة الفكرية التي نعيش فيها، وحلقة الوصل التي تربط الماضي بالحاضر و بالمستقبل. 
Aspek lain  linguistik merupakan aspek fundamental dalam  kehidupan kita, dan bahasa merupakan unsur yang paling  penting dalam kehidupan kita dan keberadaan kita, bahasa  pembawa budaya kita, pesan kita, dan link (penghubung ) pemersatu diantara kita, komponen struktur pemikiran kita, link (penghubung) antar generasi, serta sebagai penghubung antara kita dan komonitas lain. Bahasa adalah cara terbaik untuk mengetahui karakter bangsa kita dan karakteristiknya,  sejak dahulu bahasa merupakan alat (media) untuk mengungkap  ide-ide (pikiran) dan perasaan kita , serta menjadi  ruang lingkup   pemikiran  (intelektualitas)  di mana kita hidup, dan menjadi penghubung \ relasi  antara masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang.

من تبحر في اللغات تمتع بفنون الحياة
Barang siapa yang paham berbagai bahasa dia akan  menikmati seni kehidupan
MUTARJIM
BADRUTTAMAM, ALBY-FA