قماش باتيك للرجال BATIK FOR MEN

قال ابن مالك
وزكه تزكية وأجملا  #   اجمال من تجملا تجملا
Bersihkan Jiwa, Sucikan Hati, Dan Berpenampilan Menarik Dalam Tiap Ruang Dan Waktu

وهي الاقمسة المنسوجة يدويا بتصميمات كلاسيكية. ويعتبر الباتيك من الحروف اليدوية التي تخص بها الاندونسيا ودائما تعجب السياح ألاجانب.في البدية كان استعمال باتيك للمرأة.وكانت تستعمل شالا في الزمن الماضي باندونيسيا. كما كان الباتيك في الماضي خاصا لسلالة جاوى. والأن تعددت استخدامات باتيك بشكل كبير. ولم يقتصر استخدام الباتيك على المناسبات الرسمية ولكن في مختلف المناسبات . ويرتدي استخدامات الباتيك الأن جميع  السلالات الموجودة  في اندونيسيا من سومطرة وسوندا وكاليمنتان وغيرها من السلالات الاخرى. فالجميع يفتخر بارتدائهاالباتيك  وذلك لأن الباتيك  أصبح شعارا للوطنية الأندوسية وأنها صناعة اندوسية اصلية.
عادت الازياء المصنوعة من الباتيك بتصميمات حديثة رائعة ويصلح لكل المناسبات بداية 2008وفي منتصف  2008بداء الباتيك  ينتشر بشكل كبير , بل ان احد الماركات العالمية أديداس (Adidas) أنتجت أحدية مزينة بقماس باتيك ,وايضا انتجا قبعات وجاكتات من قماش باتيك يستخدم الرجال الالوان الغامضة مثل لون البني, والأبيض. الذي يعتبر اللون ألاساسي للباتيك. لايزال مصمموا باتيك الرجال قليل. وغير ممنوع, اذ يقتصر على القمصان الرجالي . ولكن من المحتمل ان يزداد التنافس في المستقبل القريب بين مصممي باتيك النساء والرجال. وقد بدأ الان مصمموا الازياء الأندوسية في تصميم ازياء رجالية من قماش الباتيك مثل التيشرات (الفانلات) T- Shirt  وغيرها من الانواع الاخرى. ويمنح الباتيك الشخص الشعور بالاناقة, حتى السياح ألاجانب يبحثون عن كل جديد قماش الباتيك. وهذا ما قد يواصلنا الى العالمية.
بقلم
بدرالتمام  رشدي الليسانس

قماش باتيك للرجال

BATIK FOR MEN
    Batik merupakan tekstil yang di tenun  menggunakan tangan dengan desain  klasik, batik pula merupakan tulisan - tulisan tangan yang hanya dimiliki bangsa Indonesia. dan hal tersebut selalu membuat para wisatawan asing takjub dan terkesima.    Memang pada awalnya pengguna batik hanya perempuan saja, dulu batik hanya dibuat sebagai syal atau selendang oleh para para perempuan Indonesia. sama halnya dahulu batik hanya si pakai atau digunakan oleh keturunan orang-orang jawa. namun pada zaman sekarang realitanya berbeda batik sudah dipakai atau digunakan dalam skala  yang besar, artinya batik tidak hanya digunakan atau dipakai pada acara-acara resmi saja, tapi sudah dipakai diberbagai acara. dan sekarang semua ras (keturunan) yang ada di Indonesia sudah menggunakan batik, mulai dari Sumatera, Sunda, Kalimantan dan ras-ras yang lain yang ada di Indonesia. mereka semua merasa bangga menggunakan batik. dan hal tersebut dikarenakan batik merupakan salah satu Ikon tanah air Indonesia. dan batik juga merupakan produc asli Indonesia.
pada awal tahun 2008 sudah banyak sekali busana-busana yang dibuat dengan menggunakan batik, dengan desain-desain baru yang mengagumkan dan sangat pantas dipakai dalam berbagai situasi (keadaan) dan pada pertengahan tahun 2008 batik mulai menyebar dengan skala yang lebih besar (banyak macamnya) bahkan salah satu perusahaan besar didunia.  (Adidas ) mengeluarkan  salah satu produc busananya dengan menggunakan tekstil batik dan juga mengeluarkan producnya yang berupa topi dan jaket dengan  menggunakan batik. dengan demikian para laki-laki atau para cowok sudah banyak yang menggunakan batik dengan warna yang apik (tidak norak) seperti warna cokelat dan juga warna putih yang merupakan warna dasar  batik itu sendiri.  namun para desainer laki-laki dalam batik masih sangat sedikit, karena baju atau busana  batik bagi laki-laki masih masih terbatas. namun dalam waktu dekat masih ada kesempatan bagi  para desainer batik baik laki-laki atau perempuan agar  semakin bersaing atau berkompetisi . dan pada saat ini para desaener busana di Insonesia dalam mendesain busana untuk kaum pria  sudah banyak yang menggunakan batik seperti T-Shirt (kaos) dan lain-lain. dan dengan menggunakan batik seseorang dapat merasa tampil elok (perfec).  bahkan para wisatawan Asing selalu memburu batik dengan desain dan motif-motif baru, hal inilah yang memperkenalkan dan mengantarkan kita pada  dunia.