Farewell Party


Farewell Party adalah salahsatu dari agenda tahunan Bata-Bata Bilingual Centre, dalam acara tersebut selain diikuti oleh semua anggota kursus markaz Bata-Bata Bilingual Centre juga diikuti oleh para alumni markaz yang biasa disebut dengan ALBI (Alumni of Bilingual) arti dari farewell party itu sendiri adalah pesta perpisahan, farewell party yang biasa kami selenggarakan tidak hanya menyajikan hiburan seperti halnya pesta-pesta yang biasa dilakukan kebanyakan masyarakat di luar pesantren, akan tetapi selain menyajikan hiburan-hiburan kami selaku pengurus Bata-Bata Bilingual Centre dan selaku panitia juga mengisi acara pesta kami dengan ceramah agama, Dan untuk mengisi ceramah tersebut kami mendatangkan pemateri dari luar pondok pesantren mambaul ulum bata-bata beliau adalah Mr. Ach. Rofi’il Dimyathi, MA.
Selain itu acara tersebut juga kami isi dengan menunjukkan sejauh mana kemampuan anak didik kami setelah menempuh pembelajaran mereka selama satu tahun dengan MUNAQOSYAH. Munaqosah yang kami laksanakan memang sudah berjalan mulai party ke “3” namun ada banyak pebedaan dengan munaqosyah yang dilaksanakan sebelumnya. Kalau pada pertama kalinya munaqosyah diadakan, semua peserta munaqosyah harus mengarang cerita yang diterjemah kedalam bahasa Arab dan Inggris kemudian dipresentasikan pada waktu munaqosyah yang dilaksanakan pada waktu farewell party. Adapun munaqosyah yang ang sekarang, tidak hanya diikuti oleh anggota kursus yang mau keluar dari markaz Bata-Bata Bilingual Centre tapi ada juga sebagian yang dari alumni bilingual (ALBI), dan juga sudah ada lima (speaking, grammar, muhawaroh, qiro’atul kutub dan balaghah).
Speaking di ikuti oleh semua peserta kursus (a’dlo’) mereka harus membahas seputar permasalahan ekonomi. Sedangkan qiro’atul kutub pesertanya mengambil dari alumni bilingual (ALBI) semua peserta harus membaca kitab fathul qorib dengan benar kemudian diterjemah kedalam bahasa inggris. Selain qiro’atul kutub ada juga yang pesertanya adalah anggota ALBI, yaitu balaghah.
Dalam party ke lima ini turut ahadir dewan a’wan pondok pesantren mambaul ulum bata-bata RH. Moh. Tohir Zain, S.Pd.I, beliau juga sempat memberikan sambutan,  diantara isi sambutan beliau adalah “Saya tambah lama tambah bangga pada Bilingual, karena cita-cita sayan untuk mengadakan MA Bilingual di bata-bata sudah recapai” dan selain itu beliau juga sempat menyampaikan Insyaallah di tahun 2012 ini Bata-Bata Bilingual Centre sudah memiliki lap bahasa.
Walaupun acara yang sudah kami laksanakan setiap setengah tahun sekali tersebut tidak begitu besar tapi selain menghabiskan dana yang cukup besar juga harus banyak menguras tenaga dan fikiran sehingga banyak hal yang berkesan bagi kami selaku panitia dalam acara tersebut, Kalau dipresentasikan acara party kelima ini kami anggap sudah 75% sukses karena dibalik kesuksesan itu masih banyak kekurangan yang harus kita benahi pada acara party selanjutnya. Kami selaku ketua panitia the 5th farewell party and the 3rd munaqosyah mengucapkan banyak terimakasih banyah pada seluruh rekan-rekan panitia utamanya dan kepada semua pihak yang sudah berperan demi suksesnya acara tersebut.
By; alam Syah
         



Farewell party is one of Annuity agenda at Bata-Bata Bilingual Centre, that agenda is not only joined by all of students, but some of them namely are ALBI (Alumni of Bilingual). The Farewell party meaning is (the day of party) farewell party which always we organized not only serve entertainment as like farewell party which does many people do (inside boarding house) we are as Bata-Bata Bilingual Centre officials and its chairman we don’t organize entertainment only but we fill it by speech, and for become speaker we invited from Mambaul Ulum bata-bata outside namely is Mr. Ach. Rofi’iel Dimyathi, M.A.
            Besides that, we take up our students with the indication of their ability after enduring their lesson since one year using Munaqosyah in that agenda. Munaqosyah was implemented in the 3rd of farewell party, but there was many differences with Munaqosyah implementing before, in the first Munaqosyah, all of students have to compose the story that was translated by them into Arabic and English language then they must present their story translating on the time of implementing of farewell party. Now, not only BBC students that will out from BBC and also the part of Alumni of Bilingual (ALBI) who will present that Munaqosyah. there was five Munaqosyah levels; speaking level, grammar level, Muhawaroh religious book, reading religious book, and Balaghah level.
            اشترك عدد كبير من اعضاء الدروس العاجلة في دورة الفصل النهائي وهم يبحثون عن المسائل الاقتصادية كما اشترك جم غفير من متخرجي بلينجوال كيفية قرائة الكتب وهم يطبقون في ذلك صحيح القرائة نحويا وبلاغيا ويترجمونها الى اللغة الانجليزية.
          وحضر في تلك الفرصة الثمينة الشيخ محمد طاهر زين والذي ألقى كلماته الموجهة قائلا ما معناه "لقد وقعت حقا ما يجول في همتي سابقا ان بالمدرسة العالية فصلا خاصا لبلينجوال وقد شاء الله ذلك والحمد لله".
          وبالرغم من ان برامجنا التي عقدت كل ثناء السنة ليس يعظيم ولكنها في سوى استغراقها لكثير الفطية فحسب هي تنا في طاقة عظيمة وفكرة كثيرة وكنا كرأساء اللجنة لقد اجتمع لنا تأسير من تلك البرامج واذا نقدها من حيث النجاح في ليلة الوداعية الخامسة هذه. بالنسبة المئوية لقد بلغت درجتها الى خمس وتسعين بالمائة لأن في سوى النجاحة ما تظمتنا فيها من النقائص والعيوب الذي يلزم لنا ان نصدها في استعداد البرامج المستقبل. وكنا كرأساء لجنة ليلة الوداعية الخامسة والمناقشة الثالثة نقول شكرا جزيلا خاصة لجميع الأخزاب وعامة للذين اشتركوا فيها لنجاحة تلك البرامج.