Perspektif & Admonisi Parkour Pria Dan Wanita

Seperti itulah Parkour. Salah satu jenis olahraga yang hingga semakin banyak saja peminatnya. Parkour berarti bergerak dari tempat satu ke tempat yang lain dengan sangat cepat. Taksaja cepat melakukan gerakan Parkour harus memenuhi prinsip dasar olahraga ini. Prinsip dasar Parkour meliputi keindahan gerak yang diimbangi oleh kemampuan dari diri orang yang melakukannya.
Parkour pertama kali diperkenalkan oleh David Belle, seorang pria berkebangsaan Perancis. David Belle hanya mengenalkan olahraga ini di Preancis saja tetapi dengan cepat sekali menyebar ke seluruh Eropa hingga akhirnya mendunia.

Sebenarnya, bukan David Belle yang menemukan olahraga Parkour, melainkan George Herbert sebagai orang pertama yang menciptakan gerakan-gerakan dasar Parkour. Gerakan dasar Parkour yang diciptakan oleh George Herbert meliputi berjalan, berlari, melompat, memanjat, dan banyak lagi yang lainnya.
George Herbert terilhami dari prilaku suku bangsa Afrika yang rata-rata memiliki kemampuan gerakan gimnastik dan akrobatik. Menurut pengamatannya, pembentukan gerakan akrobatik dan gimnastik merupakan hasil tempaan dari lingkungan.
Gerakan yang diciptakan oleh George Herbert disebut dengan methode naturalle, yang disertai motto, “to be strong to be useful”. Murid pertama George Herbert adalah Raymond Belle, ayahnya David Belle. Dari sinilah Parkour berkembang.
Traceur adalah sebutan bagi pelaku olahraga Parkour. Olahraga ini taksemata olah tubuh, banyak nilai-nilai yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, semisal pantang menyerah, melawan rasa takut, dan bangkit dari keterpurukan.
The art of escape / Seni melarikan diri
Parkour memperbaiki refleks dan kesadaran fisik. Parkour mempunyai potensi sebagai bentuk terbaik self-defense yang bisa dimiliki semua wanita ketika berjalan atau berlari sendirian, karena praktisi Parkour yang terlatih akan mempunyai banyak pilihan yang terbuka ketika keadaan tidak menguntungkan seperti ketika diserang atau dikejar. Dalam keadaan seperti ini, rintangan seperti tembok-tembok, gerbang, dan rail tidak akan menjadi hambatan bagi traceuse, tapi akan menjadi rute-rute untuk melarikan diri.

Preparation / Persiapan
Seperti halnya seni beladiri, Parkour memerlukan dedikasi dari para pelajarnya. Bagaimanapun memakai pakaian yang tidak menghambat gerakan dan sepatu yang mempunyai cengkeraman yang baik akan memastikan bahwa fokus anda adalah murni dalam kinerja anda dan bukan pada peralatan anda.
Problems encountered /Masalah-masalah yang dihadapi
Meskipun menjadi seorang wanita membawa keuntungannya tersendiri, dimana ada beberapa faktor yang jelas yang harus diperhatikan oleh para wanita: terutama fakta bahwa para lelaki biasanya mempunyai kekuatan bagian atas tubuh yang lebih dari pada para wanita. Ini berarti menarik berat badan sendiri bagi para wanita akan lebih sulit/menantang dan tentunya akan sangat melelahkan tanpa pengkondisian yang cukup. Jadi, ketika seorang wanita memulai untuk berlatih Parkour, gerakan-gerakan yang memerlukan penggunaan kekuataan tubuh bagian atas terbukti akan lebih sulit. Contohnya ketika melakukan “climb up” setelah ‘saut de bras’(cat leap) dan ‘passe-muraille’ (melewati tembok-tembok, dimana untuk tembok yang lebih tinggi/besar melibatkan daya dorong ke atas tembok untuk membantu memanjatnya). Dengan masalah seperti ini, adalah sebuah ide yang bagus melatih kekuatan tubuh bagian atas dengan latihan di rumah atau di gym.
Perbedaan-perbedaan lain yang harus dipertimbangkan adalah bahwa para lelaki tidak mudah untuk memar, tidak terlalu memperhatikan cedera kecil di bagian badan dan mempunyai sendi-sendi yang lebih cocok untuk kekuatan. Namun, ini tidak berarti bahwa secara potensi para wanita tidak mampu.
Advantages of the female build / Keuntungan dari tubuh wanita
Dimana ada kelemahan, disana juga ada keuntungan menjadi wanita. Yang paling terlihat, wanita mempunyai kelenturan natural yang lebih hebat daripada para lelaki, ini berarti lebih banyak penambahan pada sendi-sendi dan otot tanpa adanya cedera. Dengan tubuh yang lebih kecil juga bisa terbukti berguna dalam gerakan-gerakan tertentu, seperti berlari dan melompat melewati ruang yang kecil dengan cepat.

Heightened awareness regarding injury / Meningkatkan kesadaran ketika cedera
Masalah yang harus digarisbawahi ketika memulai Parkour, tanpa melihat masalah gender, adalah bagaimana untuk menghindari cedera. Melakukan streching sebelum dan setelah sesi latihan Parkour adalah sangat penting dan akan mengurangi kemungkinan cedera pada otot sebelum cedera dan menghilangkan asam lactic setelah berlatih (adalah asam lactic dalam otot yang menyebabkan kesakitan di hari berikutnya). Saya merekomendasikan melakukan strecthing selama 15 s/d 20 menit sebelum memulai latihan dan 10 menit setelah selesai latihan.
Bagaimana anda mendarat adalah hal yang sangat penting dalam Parkour, dan beberapa gerakan dasar yang harus dilatih seperti rolling ketika kita turun dari ketinggian dan mendarat pada landasan yang lebih kecil. Pendaratan yang baik akan mencegah sakit pada lutut dan betis dan dalam jangka panjang akan melindungi sendi-sendi anda dari cedera.
Fears / Ketakutan
Setiap orang mengalami ketakutan pada titik tertentu ketika berlatih Parkour. Tubuh kita mempunyai mekanisme keselamatan alami yang mencegah kita dari mencederai diri sendiri dan seperti yang anda bayangkan, berlari dan melompat melewati/ke arah dalam/kea rah atas objek-objek dan untuk memulainya dirasakan bukan sebuah tindakan yang wajar/natural. Oleh karena itu, pada awalnya, para praktisi mempunyai ketakutan-ketakutan untuk diatasi. Dengan berlatih, kepercayaan pun tumbuh; sangatlah penting bahwa anda mendorong tubuh anda sejauh mungkin untuk bisa merasakan kepercayaan bahwa anda bisa melakukannya dan jangan pernah membiarkan siapapun membuat anda merasa terpojok untuk mencoba sesuatu yang anda sendiri belum yakin bahwa anda siap untuk melakukannya. Selalu akan ada lain hari untuk mendorong level anda dan menghadapi ketakutan-ketakutan anda.
Progression / Kemajuan
Bukanlah sesuatu yang tidak wajar dalam Parkour untuk melewati fase-fase dalam latihan anda, dimana kemajuannya terasa lambat dan kemudian semakin cepat. Ini muncul karena akan membutuhkan waktu untuk pikiran anda untuk mengimbangi kemampuan fisik anda. Kemampuan badan anda mungkin telah berkembang kepada titik dimana anda sadar bahwa anda mampu untuk menghadapi obstacle-obstacle yang lebih menantang atau teknik yang lebih sulit.

Parkour
So that is the Parkour, kind of a sport that it’s interested person more and more, parkour is moving from a place to place quickly, not so quickly only, it has to fulfill this sport basic principle of parkour covers beauty moving that was balanced by ability / skill from one who did it.
The first time parkour was introduced by David belle, a nationality French male, David belle just introduced this sport in France but spread quickly to entire Europe till at last all of world.
Actually, David belle did not discover the parkour, rather George Herbert as the first creator of parkour basic movement, it was like walking, running, jumping and climbing etc.
George Herbert was inspirited by Africa ethnic group attitudes that it got a lot of gymnastics and acrobatics capability on an average, according to his observation is establishment of gymnastics and acrobatics capability are neighborhood result.
George Herbert’s movements are called by method naturally, with his motto is “to be strong, to be use full”, the first student of George Herbert is Raymond Belle, David Belle’s father, parkour branched out here.
Traceur is designation of parkour performer, it is not physical exercise only, but there are positive percentage that we can do it in our life every day, it would mean like; no retreat, fears opposing and resurgence of helpless.
The art of escape / Seni melarikan diri
Parkour repairs reflex and physical awareness, parkour got potential as the best self defense everyone got it while walking and running lonely, trained parkour got a lot of openness choices in the bad condition are like attacked and chased after. In this condition, obstacle is like walls, gates, railways track are not obstruction for traceur but they are escape routes.
Preparation / Persiapan
As the art of defense, parkour needs dedications for learners, however they may get dressed what it not hamper the movement and and good grip of foot wear will determine your focus is your task naturally not your tools.
Problems encountered /Masalah-masalah yang dihadapi
            Even though be a women, she would get her individual luck, where there is distinct factor must be observed by most female that the most males got power in the upper section of body is stronger then female body. This pulled female heavy body it would be more difficult or more challenge certainly without adequate condition is very weary, so, if some female begin for pakour training, movement that it needs the power upper section of body using would  be more difficult it would mean like if we climb up after sauté de bras (cat leap) and “passé Murielle” (passing by walls, where there is the higher or the bigger wall involved pashing up the wall for climbing help) with these problem are a good idea to train the upper section of body by training at our house or in the  gym.
The other differences what must be handed over are males are not bruised quickly, not to observe small injury of body and have joints is more compatible for intensity but this mean females can’t do it potentially
Advantages of the female build / Keuntungan dari tubuh wanita
                Where there is weakness there is luck as female, the most visible is female has greaten natural pliancy than males, it mean more adding on joints and muscles without injury, smaller body make use of definite movement as running, jumping and passing small space quickly. 
Heightened awareness regarding injury / Meningkatkan kesadaran ketika cedera
                Problems must be excepted while beginning of parkour, without gender problem looking, is how to pull the injury, stretching before and after parkour training is so important and abate of muscle injury before injury all over and omitted lactic acid after training (lactic acid is muscle acid that cause of illness in other days).
                How is our landing is important thing of parkour, and some basic movement must be trained as rolling when we get down of heightness and to get off on smaller landing, the good landing would restrain knee and calf illness and to keep joints from injury long time.
Fears / Ketakutan
                Everyone have experience about fears of certain drop in the parkour training our body got natural safety mechanism that it restrain from betraying ourselves as what do you think, running, and jumping by passing in or passing out on top of objects not proper measures we felt to begin it, therefore, at the first time, parkour got a lot of fears, the trust would grow by training and so important that you urged your body so far away for trust feeling that you can do it and never leave someone make you are be forced into a corner to try anything you did not belief that you were ready to do it.
Progression / Kemajuan
                There is no unnatural thing of parkour to exceed phases on your training, where advances felt slow and faster after, it appeared because you need time for your thinking and for equaling your physical ability, your body ability may bloomed to drop where do you are aware that you able to pass more defiance obstacles and more difficult technique.