PROFIL BATA-BATA BILINGUAL CENTRE


A.    Latar Belakang Berdiri
Dalam sebuah acara Farewell Party gabungan antara LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Arab) dengan  BBEC (Bata-Bata English Centre) Dewan A'wan menyampaikan sambutan bahwa lima tahun yang akan datang di PP. Mambaul Ulum Bata-Bata akan ada kelas formal yang menggunakan kata pengantar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris (bilingual). Hal ini dilatarbelakangi dengan peran pesantren dalam mencetak generasi yang mampu berkolaborasi dalam dunia global dan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang setara dengan sekolah-sekolah yang berstandard internasional. Beliau menekankan bahwa untuk mewujudkan cita-cita ini tidak lepas dari peran kedua lembaga bahasa pengembangan bahasa Arab yang dinaungi LPBA dan bahasa inggris yang dinaungi BBEC.
Maka sebagai langkah partisipasi dalam mewujudkan kelas bilingual itu, pada tanggal 05 Februari 2009 Musyrif LPBA yang pada saat itu dikendalikan oleh Rosul Ali, S.Pd.I dan Direktor BBEC, Moh. Hafidurrahman memformulasikan kegiatan-kegiatan yang  berkaitan dengan pelaksanaan program dua bahasa sekaligus yang kemudian hasil formulasi ini dimusyawarahkan kepada Badan Otonom (Sykuri Rusydi, S.Pd.I dan Ketua dewan Ma'hadiyah Pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dimasa periode Mahfudz Arif, S.Pd.I. walaupun secara structural belum dibentuk secara resmi.

Banyak sekali kendala yang kami temui dalam membentuk lembaga ini mulai dari penempatan kamar, program dan tenaga pendidik yang berkapable dalam dua bahasa. Pada saat itu 4 kamar markaz LPBA dan 4 kamar Markaz BBEC masih menampung sejumlah santri yang pondoknya (daerah "S") baru terbakar. Untuk menyiasati hal ini maka pengurus pondok pesntren menginstruksikan agar warga daerah "S" yang tinggal di dua lembaga tersebut untuk dirampingkan; dengan mengambil satu kamar di LPBA dan satu kamar di BBEC sehingga 2 kamar inilah yang ditempati sebagai lembaga baru, Bilingual. Dan pada tanggal 10 Oktober 2009 lembaga ini resmi direlokasi ke blok "T" dan hanya menempati dua kamar; satu kamar khusus peserta dan satu kamar disekat menjadi dua serambi; satu serambi sebagai kantor dan satu serambi sebagai tempat peserta.
Awalnya lembaga bilingual adalah lembaga partnership antara LPBA dan BBEC yang mana pengelola dan instruktornya adalah dari LPBA dan BBEC. Kebijakan-kebijakan dilaksanakan secara bersama oleh kedua lembaga dibawah pembinaan musyrif LPBA dan director BBEC, adapun pengelola harian mengambil dua orang dari LPBA dan dua orang dari BBEC untuk direshufle ke bilingual. Tenaga pendidik harian bahasa Arab dipasrahkan ke LPBA dan  pendidik bahasa Inggris dipasrahakan ke BBEC. Hanya saja ketua dan wakil bilingual diberikan kepada pembina LPBA, Rosul Ali, S.Pd.I dan wakil pembina LPBA, Badrudtamam, S,Pd.I yang ditunjuk secara langsung oleh badan otonom, Syukri Rusydi, S.Pd.I. walaupun pada pertengahan tahun ketua Bilingual keluar dari PP. Mambaul Ulum Bata-Bata untuk bekerja ke Saudi Arabia. Maka terjadilah tambal sulam dimana Badrudtamam, S.Pd.I yang pada saat itu menjabat wakil diangkat menjadi ketua dan Moh. Hafidurrahman yang pada saat itu menjadi sekretaris diangkat menjadi wakil.
Semenjak lembaga ini resmi direlokasi ke Blok "T" maka lembaga ini menjadi lembaga otonom dan dibentuk kepengurusan baru secara resmi dan tersetruktural pada tanggal 06 November 2009. Dan kemudian kepengurusan bilingual direformasi ketua dan wakilnya, Badrudtamam, S.Pd.I dan Moh. Hafidurrahman berubah menjadi Pembina/direktor Bilingual. Adapun ketua dan wakil dipilih secara demokrasi oleh seluruh pengelola Bilingual. Pada saat yang sama lembaga ini berganti nama menjadi BBC (Bata-Bata Bilingual Centre).

B.    VISI
"Mencetak santri tafaqquh fiddin yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan baik"
C.    MISI
1.    Santri mampu menguasai dasar-dasar grammatika bahasa Arab dan bahasa inggris dengan baik
2.    Santri mampu menguasai percakapan sehari-hari bahasa Arab dan bahasa Arab dan bahasa Inggris yang benar, baik secara struktur bahasa, dialektika atau budaya.
3.    Santri mampu mentransformasikan ilmunya dengan bahasa Arab dan bahasa inggris, baik transformasi lewat tulisan atau dakwah bil-lisan.
D.    Kurikulum
Program harian:
1.    Program pokok
Pagi         jam 05.00 – 60.00     : Bahasa Arab
Sore         jam 16.00 – 16.30     : Study club
Malam     jam 80.30 – 09.30    : Bahasa Inggris 
Malam     jama 09.30 – 10.30     : Setoran kosa kata

E.    Jumlah Peserta
Jumlah peserta pada awalnya sebelum pindah ke Blok "T" sebanyak 30 peserta yang semuanya adalah kelas 2 MTs A. Kemudian setelah lembga ini direlokasi ke Blok "T" menerima siswa lagi sebanyak 20 jadi semuanya berjumlah 50. Oleh karena itu disini ada dua periode setiap tahun; periode awal tahun dan periode tengah tahun. 30 peserta pada awal periode sudah diwisuda. Sehinggan menerima peserta lagi sebanyak 30 orang dari MTs A dan MTs B. Jadi jumlah peserta semuanya sampai sekarang sudah 70, yang 30-nya sudah menjadi Alumni. Jadi siswa yang aktif setiap pemondokan sebanyak 50 peserta.